Hi there, How’s life lately?

kermit at the doctor

Halo semuanya.. lama banget rasanya sejak terakhir kali posting di blog ini. Sudah empat bulanan blogĀ  ini gak keurus. Alasannya beberapa bulan ini saya jarang ada waktu gegara harus bolak – balik rumah sakit buat ngoass. Bagi yang belum tau, koas itu kepanjangan dari ko-assisten dokter yang bisa dibilang asistennya asisten dokter. Kerjaannya? selain bantu – bantu residen kita juga dituntut untuk nyari ilmu dan pengalaman bagaimana seorang dokter bekerja. Setelah seorang mahasiswa kedokteran di wisuda, kami dihadapkan dengan kehidupan klinis sesungguhnya di Rumah sakit. Pendidikan klinis di RS ini berlangsung selama tiga semester, diikuti dengan beberapa ujian akhir dan barulah resmi lulus kedokteran.

Selama sekitar 9 bulan terakhir ini kerjaan saya hanya seputaran kegiatan rumah sakit. Jarang ada waktu buat ngumpul sama temen apalagi travelling. Kegiatan yang asik – asik sepertinya harus ditunda dulu hingga akhir tahun ini. Sejak pertama koas saya udah melewati beberapa lab diantaranya Obsgyn (Kandungan), Dermato Venereo (Kulit Kelamain), Pediatric (Anak), Interna (Penyakit Dalam), Anestesi, Rehab Medik, dan sekarang saya lagi di Lab Bedah. Banyak cerita dari masing – masing bagian yang belum sempat saya bagi. Mulai dari hal – hal konyol dan aneh hingga yang bikin miris. Saat koas ini saya banyak belajar bagaimana interaksi dengan pasien merupakan sesuatu yang sangat penting. Disini saya jadi tau kalo kehidupan di Rumah sakit itu kompleks dan dinamis. Gak ada satu pasien pun yang sama jadi kami dituntut untuk selalu terlibat dengan pasien.

Itu tadi kegiatan saya selama beberapa bulan ini. Mungkin untuk kedepannya saya akan sedikit nulis – nulis tentang koas di blog ini. How about you? How’s life been lately?

house humor

Tinggalkan Balasan

