About The Heimlich Maneuver

Heimlich maneuver

Orang tersedak sering kita temui sehari-hari. Tersedak bisa terjadi pada siapapun termasuk teman dan keluarga kita baik yang masih anak – anak hingga dewasa. Tersedak atau ‘choking’ ternyata bukanlah suatu keadaan sepele. Choking adalah salah satu kegawat daruratan medis yang jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat menyebabkan kematian. Otak kita adalah organ yang sangat sensitif jika ada penurunan asupan oksigen. Hal ini terjadi saat seseorang tersedak karena benda asing akan menyumbat jalan napas atas sehingga kita tidak dapat bernapas dengan baik. Otak akan mulai mengalami kerusakan setelah 6 menit dan akan rusak permanen jika tidak mendapat oksigen selama 10 menit.

Saat seseorang kesulitan bernapas karena choking, kita HANYA memiliki waktu EMPAT menit sebelum terjadi kematian atau kerusakan otak – Henry Heimlich MD

Apa yang seharusnya dilakukan kalau seseorang di sekitar kita tersedak/choking? Apa dengan waktu yang hanya beberapa menit kita sempat mencari pertolongan tenaga medis untuk menyelamatkan nyawa orang itu? Mau tidak mau kita harus mengambil tindakan untuk menyelamatkan nyawa orang itu. Berikut ini sedikit penjelasan mengenai prosedur baku pertolongan choking yang dikenal dengan nama manuver Heimlich…

Banyak yang beranggapan bahwa jika seseorang tersedak isinya harus dimuntahkan. Hal ini kuranglah tepat karena benda asing yang tersedak akan masuk bukan ke saluran pencernaan. Setelah melewati mulut, makanan atau benda lainnya akan masuk ke suatu saluran yang bernama esofagus atau kerongkongan menuju lambung. Di belakang mulut terdapat suatu percabangan yang ditutupi oleh suatu katup bernama epiglottis yang akan memisahkan saluran makan (esofagus) dengan saluran pernapasan (trakea). Saat menelan atau bernapas, katup ini akan bergantian menutup masing – masing saluran agar makanan tidak salah masuk ke saluran napas. Saat seseorang makan sambil tertawa atau bicara, kemungkinan makanan untuk masuk ke trakea semakin besar sehingga bisa terjadi choking. Makanan yang masuk ke trakea ini nantinya akan mengganggu secara penuh atau sebagian aliran udara ke paru – paru.

universal sign of chokingThe Heimlich Maneuver merupakan suatu metode standar untuk mengeluarkan benda asing dari orang yang mengalami choking. Prosedur ini ditemukan oleh Dr. Henry Heimlich seorang ahli bedah thorax pada tahun 1974. Prinsipnya adalah memberikan tekanan pada perbatasan perut dan dada seseorang sehingga udara akan menghentak benda asing yang tertelan.  Manuver Heimlich adalah sebagai berikut:

  • Memanggil bantuan. Minta orang lain memanggil ambulans atau nomer gawat darurat.
  • Memastikan orang itu tersedak.  Kita bisa bertanya “Apa anda tersedak?” kepada orang yang terlihat seperti gambar disamping. Kedua tangan yang memegangi leher adalah tanda universal tersedak. Orang yang tidak bisa menjawab, mengangguk, atau menunjuk – nunjuk lehernya perlu diberikan pertolongan segera karena terdapat sumbatan jalan napas.
  • Berdirilah di belakangnya. Sambil berdiri di belakangnya, kita meminta korban untuk sedikit membungkuk dan merenggangkan kakinya. Mengepal tangan kanan dan bersiap memberi hentakan.
  • Memberi hentakan dengan kepalan tangan. Kepalan tangan kanan dikatubkan dengan tangan kiri lalu memberi tekanan pada dua jari di atas pusar. Tekanan diberikan ke atas dan belakang. Berikan tekanan sebanyak 5 hitungan lalu tanyakan apakah masih tersedak atau tidak. Prosedur ini diulangi hingga penyumbatnya keluar atau hingga tenaga bantuan tiba.

prosedurprosedur lanjutan

Keadaan khusus, Do’s and Don’ts

  1. Korban adalah ibu hamil atau obesitas, penekanan dilakukan di dada korban. Hentakan ke belakang dengan hati – hati. Do’s
  2. Korban bayi prosedur menggunakan dua metode yaitu chest thrust dan back blows. Lakukan penekanan 5 kali dengan dua jari pada dada bayi sekitar 1/3 – 1/2 kedalaman dada lalu diikuti dengan back blows yaitu menepuk punggung bayi juga sebanyak 5 kali. Do’s
  3. Korban yang lebih besar dari penolong dapat ditidurkan di lantai rata dan dilakukan tekanan pada tempat yang sama dengan prosedur biasa. Do’s
  4. Don’t. Jangan memberikan pertolongan pada korban yang jika ditanya apakah tersedak atau tidak bisa mengeluarkan suara dan batuk dengan keras. Pada korban bayi jangan beri pertolongan apabila menangis kuat atau batuk.
  5. Do’s. Lakukan pertolongan hingga sumbatan keluar atau pertolongan datang. Jika korban tidak sadar, baringkan dan lakukan kompresi dada.

Dahulu orang yang tersedak sering dikira serangan jantung oleh orang – orang yang menyaksikan sehingga tidak diberi pertolongan apapun. Sebelum penemuannya, cara – cara mengeluarkan sumbatan kuranglah efektif sehingga banyak menimbulkan nyawa melayang. Manuver Heimlich adalah suatu tindakan pertolongan yang sangat berguna serta mudah dilakukan. Tidak diperlukan pelatihan khusus untuk melakukan manuver ini. Prosedur ini masihlah menjadi pilihan pertama pada orang tersedak dan terbukti mampu menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Videoclip oleh Sigur Ros yang isinya Manuver Hemlich; Breathing Is Beautiful, Apreciate

Sumber :

Emedicine.net/Choking

TKM Lakesma Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s