Kuliner Bule

coles australia

Beberapa hari ini saya bener – bener sibuk dengan kegiatan yudisium sampai lupa ngapa – ngapain termasuk nge blog. Sudah lama rasanya blog ini gak diupdate. Daripada gak terurus, kali ini saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman kuliner sewaktu saya masih kecil tinggal di Australia. Australia yang notabene berjarak lumayan dekat dengan Indonesia, memiliki kondisi 180 derajat berbeda dengan kita di sini. Bahasa, orang, budaya hingga makanannya beda jauh dengan negara Asia lainnya. Mau tau apa saja makanan orang Australia?

asli australiaAustralia memiliki kuliner yang beragam. Kalau dilihat dari sejarahnya, belum ada kuliner yang bisa disebut asli Australia. Yang ada hanyalah makanan perpaduan berbagai budaya. Australia yang multikultural, memiliki berbagai jenis kuliner fusion diantaranya dari negara Eropa, Asia, dan Timur Tengah. Di sana kita bisa menemui banyak restoran makanan Italia, China, Timur Tengah, hingga Indonesia. Karena merupakan negara persemakmuran, kegemaran kuliner orang Australia mirip dengan orang Inggris umumnya.

Kuliner yang bisa dibilang Australian authentic yaitu Vegemite (gambar atas). Vegemite adalah sejenis selai fermentasi berwarna hitam coklat dan memiliki rasa yang sangat kuat. Dulu saya sering membawa bekal roti yang diolesi selai ini. Orang Australia sangat menyukai Vegemite. Diolesin dimana saja dan yang terpopuler adalah dijadikan sandwich dengan telur mata sapi. Bagi yang ingin mencoba sebaiknya hati – hati. Rasanya luar biasa kuat dan aneh, rasanya asin, pahit dan sedikit amis.

fish and chips

beef pie


Di hampir tiap restoran atau bar kita bisa menemui menu fish and chips serta beef pie. Fish and chips adalah makanan orang Inggris dan populer di Australia. Makanan ini cukup sederhana yaitu ikan goreng tepung plus french fries dengan perasan jeruk lemon. Beef pie atau pie daging adalah kegemaran banyak orang Australia. Sebelah rumah saya, ada sebuah restoran / bar bernama Mc Graths. Disana kami biasanya makan makanan ini. Di sekolah pun demikian, saya hampir selalu memesan beef pie. Karena masih SD namanya jadi mini pie, ukurannya tidak sampai segenggaman tangan. Karena belum puas, saya membeli tiga buah pie, dan membuat semua teman keheranan buset.

Kalau bosan makan makanan bule, kami biasanya pergi ke Chinatown. Jaraknya cukup jauh dan biasanya kami pergi kesana menggunakan kereta. Toko – toko di Chinatown menjual berbagai macam bumbu khas Asia. Restorannya juga banyak dikunjungi karena biasanya lebih murah daripada tempat lainnya. Di Gatton sendiri ada sebuah restoran makanan China yang cukup digemari. Saat makan di sana saya selalu memesan sweet sour chicken yang ternyata merupakan bahasa Inggris koloke ayam.

pavlova named from anna pavlovaOrang Australia sangat suka barbeque. Barbeque atau barbie adalah semacam acara panggang – memanggang dengan bahan biasanya daging sapi, sosis, ayam, dan kegemaran orang bule yaitu daging babi. Pemerintah Australia menyediakan tungku barbeque di segala tempat mulai dari taman, tempat wisata, pantai hingga perumahan penduduk. Dari makanan pencuci mulut, orang Australia diantaranya menyukai es krim, lamingtons (kue kelapa khas Australia), hingga Pavlova. Pavlova adalah sejenis kue meringue yang keras di luar dan lembut di dalam seperti marshmallow.

Salah satu masalah yang biasa dihadapi pendatang ke negara barat adalah menemukan makanan halal. Di Australia juga sama. Di sana agak sulit menemukan makanan terutama daging halal. Dulu, ibu saya biasanya memesan langsung ke pemotongan hewan di Brisbane yang khusus menjual daging halal. Sekarang dengan banyaknya pendatang dan berkembangnya jaman, makanan halal sudah bisa ditemukan dimana – mana.

Kangen masakan tanah air juga biasanya dialami banyak orang. Masalah ini rasanya tidak seberapa karena banyak orang Indonesia yang mengambil pendidikan atau tinggal di sana. Kadang mereka saling memasak masakan daerahnya dan saling berbagi hingga perasaan rindu akan tanah air bisa sedikit terobati. Restoran menu masakan Indonesia juga bisa ditemui di sana, bahkan ‘kecap manis’ sudah menjadi bumbu yang sering digunakan oleh orang Australia ketika memasak. Itu tadi sedikit pengalaman kuliner saya dan keluarga ketika tinggal di sana. Pingin dong ke Australia?

nb. makanan teraneh menurut saya : daging kanguru

barbeque di hutan

fast food australia : hungry jacks

Iklan

6 pemikiran pada “Kuliner Bule

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s