Finding Neverland : Ideas are In The Air

peter pan artworkPeter Pan merupakan salah satu kisah anak – anak paling populer yang pernah ada. Siapa sih yang tidak mengenal kisah anak berbaju hijau yang tidak bisa tumbuh dan hidup di Neverland ini?. Peter Pan atau The Boy Who Wouldn’t Grow Up adalah ciptaan seorang dramawan Skotlandia bernama Sir James Matthew Barrie (9 Mei 1860 – 19 Juni 1937). Peter Pan pun telah diadaptasi ke dalam berbagai media termasuk film. Film pertamanya keluar tahun 1924 dan bersalang 29 tahun, Walt Disney kembali mengangkatnya ke layar lebar dalam format kartun. Adaptasinya telah dilakukan sebanyak 17 kali dan terus berkembang hingga saat ini.

J.M BarrieDi saat ide mengembangkan kisah ini yang terkesan buntu karena semua kemungkinan cerita telah ditelusuri, Hollywood mengembangkan sebuah ide untuk menceritakan ‘bagaimana kisah ini dibuat’. Melalui Finding Neverland (Johnny Depp, Kate Winslet, Dustin Hoffman, Julie Christie), kita diajak untuk melihat kisah J.M Barrie ketika ia mendapat inspirasi menciptakan Peter Pan. Ide ini bisa dibilang baru dalam dunia perfilman dan terbukti sukses secara finansial maupun kritik. Ingin tahu kisah singkat Finding Neverland? Bagaimana sih cara menemukan ide bagi apa saja termasuk tulisan? Temukan jawabannya berkut ini..

Dreams do come true, if only we wish hard enough. You can have anything in life if you will sacrifice everything else for it – J.M Barrie

The Story Finding Neverland (2004) berkisah pada hubungan J.M Barrie (Depp) dengan Sylvia Llewelyn Davies (Winslet) serta keempat anaknya. Saat mengalami penurunan karir, J.M Barrie yang sedang mencari inspirasi, bertemu dengan keluarga Davies di Kensington Gardens. Davies yang saat itu telah kehilangan suaminya mengurus empat putranya sendirian. Barrie dengan cepat mampu berteman dan mengisi figur seorang ayah bagi keempat anak itu. Dengan imajinasi dan perilaku yang bisa dibilang kekanakan, mereka selalu bermain dan berakting tentang seorang anak yang tidak mau tumbuh. Peter Llewelyn Davies (Freddie Highmore) adalah inspirasinya. Ia sangat kehilangan ayahnya dan kesedihan mendalamnya membuatnya tidak ingin berimajinasi sama sekali. Barrie yang juga telah menikah harus menerima kenyataan pahit ditinggal istrinya karena ia merasa Barrie terlalu banyak menghabiskan waktu dengan orang lain. Di saat bersamaan, Barrie selalu mencatat ide – ide yang muncul dan akhirnya berhasil membuat cerita Peter Pan yang fenomenal.

barrie dan keluarga davies

finding neverland

Well, itu tadi kisah Finding Neverland. Ide yang sangat sederhana itu bisa mendasari sebuah film yang menurut saya menakjubkan. Ada beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk menemukan ide – ide di sekitar kita. Ini dia tipsnya

How to Find Story Ideas

  1. Ideas are In The Air Kita bisa menemukan inspirasi di mana saja. Banyak banyaklah membaca, termasuk koran, majalah, hingga lirik lagu. Film dan acara TV juga membantu. Temukan momen – momen bahagia, sedih atau memalukan dan galilah. Percakapan sederhana dengan teman juga bisa menjadi ide cerita yang menarik.
  2. Sometimes, just writing the title of a future story will make your words flow and create an impressive story Minimal tulis aja dulu judulnya. Simpan di draft dan kalau idenya sudah mengalir, pasti akan jadi cerita yang menarik.
  3. Take your real life experiences and incorporate them into your story Pengalaman sendiri asyik untuk diceritakan, kita seperti membuat autobiografi. Pengalaman apapun bisa dijadikan ide, tidak harus ada event yang wah atau kejadian yang ganjil. It’s not about the story, it’s about how you tell it.
  4. Try free-writing, it only takes about ten minutes a day Di saat senggang sempatkanlah menulis selama 10 sampai 20 menit. Tulis apapun yang ada di pikiran, jangan berhenti, teruslah menulis walau kita tidak tau apa yang akan ditulis. Lama – lama kita akan terbiasa dan akhirnya ide nya mengalir.
  5. Make a mind map Ini berguna untuk menghubungkan tiap karakter dengan cerita terutama bagi kita yang sifatnya lebih visual.
  6. Write fan-fiction Jika kehabisan ide, kita bisa saja menulis sesuatu tentang seseorang yang benar benar kita idolakan. Ceritanya beragam bisa bentuknya profil atau mungkin saja cerita tentang seorang fans yang bertemu idolanya lengkap dengan lika liku kehidupannya.
  7. Even when short on ideas, there are still things to write about! Jangan takut dibilang plagiat atau ide itu sudah pernah dibuat orang lain. Inspirasi itu datangnya dari mana saja. Cukup dengan pertanyaan Mengapa/ Why, kita bisa mendapatkan ide.
  8. Transfer all of your story ideas onto a laptop, computer or a notebook Ini salah satu yang terpenting yaitu mencatat. Catat semua ide yang keluar secepatnya. Bawalah hand phone atau laptop minimal buku catatan kemana saja. Siapa tahu ketika asyik berjalan tiba – tiba muncul ide dan kalau tidak segera ditulis mungkin saja ide cemerlang itu bisa hilang.

Itu tadi beberapa tips untuk mendapatkan ide buat sebuah cerita, Selamat mencoba..

be creative

Sumber:

Wikipedia, Wikihow.com

Cinemags

Neverpedia.com

Artwork from Lisa  B. Hammond

Iklan

4 pemikiran pada “Finding Neverland : Ideas are In The Air

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s