Just a Thought : Trainspotting

artwork trainspotting

The Life of Four Scottish Heroin Junkies

(MIRAMAX FILMS) Directed by : Danny Boyle Starring : Ewan McGregor, Ewen Bremmer, Jonny Lee Miller, Kelly Macdonald, Robert Carlyle Release Date : 19 July 1996 Running Time : 94 min Rated : R Box Office : $ 16.500.000

Film yang diangkat dari novel karangan Irvine Welsh ini merupakan film bergenre black comedy yang rilis tahun 1996 dan disutradarai oleh Danny Boyle (Slumdog Millionaire, 127 Hours). Film ini menceritakan kerasnya kehidupan empat orang Skotlandia yang kecanduan obat terlarang jenis Heroin. Film yang meraih nominasi Oscar ini merupakan salah satu film indie terbaik sepanjang masa dan diakui kritikus sebagai film yang menggambarkan kecanduan obat terlarang (drug addict) yang sifatnya lebih santai dibandingkan film Requiem for a Dream (2000) yang cenderung terlalu didramatisir.

Ewan McGregor dan kawanannya

Film ini dibuka dengan adegan Marc Renton (Ewan McGregor) dan Spud (Ewen Bremmer) yang dikejar – kejar polisi karena ketahuan mencuri. Renton (dalam bentuk monolog) berkata ia tidaklah sama dengan orang kebanyakan yang ‘memilih hidup’ (memiliki pekerjaan, anak, rumah, dsb) dan ia malah memilih Heroin. Renton memiliki beberapa teman (selain Spud) yaitu Sick Boy (Jonny Lee Miller), seorang James Bond Wannabe, Tommy (Kevin McKidd), seorang atlet sepakbola ‘bersih’ dari obat terlarang, dan Begbie (Robert Carlyle), seorang sosiopat yang hobinya melukai orang lain. Semua teman Renton kecuali Begbie adalah pecandu berat heroin. Pada suatu ketika, Renton dan Sick Boy berencana untuk menghentikan kebiasaannya memakai heroin demi kebaikan mereka sendiri.

Usaha ‘lepas obat’ yang dilakukan Renton adalah dengan mengunci diri sendiri pada suatu kamar dan menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan selama seminggu. Kocaknya baru dua menit dalam kamar tersebut ia sudah tidak tahan dan membongkar pintu yang dilapisi dengan kayu.

Efek heroin setelah beberapa saat adalah diare. Renton terpaksa harus masuk ke toilet terparah di Skotlandia. Adegan ini adalah salah satu adegan terpopuler dalam film ini. Bagi yang merasa agak jijik gak usah diteruskan loh ngeliatnya.

Suatu ketika, Renton bertemu dengan Diane (Kelly Macdonald) di sebuah bar. Walaupun jauh di bawah umur dan masih bersekolah, Diane dan Renton lama – lama saling menyukai. Di saat kehidupannya sedang di atas angin, Renton dan temannya mengalami suatu kejadian yang mengubah hidup mereka. Anak perempuan Sick Boy yang masih balita meninggal karena diabaikan oleh kedua orang tuanya yang telah ‘mabuk’ heroin. Renton dan teman temannya pun berpisah dan menempuh hidup mereka masing – masing.

debut Kelly Macdonald

Renton yang suatu hari mengalami overdosis berhasil ditolong dan akhirnya benar – benar ingin berhenti menggunakan heroin. Disini diperlihatkan betapa menyakitkannya seorang pecandu ketika obatnya dihentikan. Ia diikat dan merasa sangat kesakitan. Suatu ketika ia terbangun lalu ia pingsan dan hal berikutnya ia mengalami halusinasi parah yang mengguncang dirinya. Ketika intoksifikasi nya berhasil ia bertekad untuk menjadi orang baik – baik dan menjauhi heroin selamanya.

Suatu hari, Renton dipertemukan kembali dengan kawan lamanya ketika Tommy yang telah kecanduan heroin dan mengidap HIV ditemukan tewas karena Toxoplasmosis. Renton akhirnya setuju berpetualang membantu Begbie untuk terakhir kalinya sebelum melenyapkan diri dari teman – temannya yang ia anggap berpengaruh buruk baginya.

buah opium heroinDrug Addiction. Pesan yang coba disampaikan melalui film ini adalah bahwa penggunaan obat terlarang itu tidaklah membawa kebaikan apapun dalam hidup. Drug addicts memiliki ketergantungan luar biasa ketika obat dihentikan dan rela melakukan apapun demi mendapatkan obat tersebut. Drug addicts cenderung selalu menaikkan dosis obat ketika menggunakannya. Reaksi tiap orang terhadap stress berbeda beda dan orang yang kurang ‘kuat’ cenderung berpikir untuk menggunakan drugs. Faktor kepribadian, fisik, dan sosial budaya seseorang mempengaruhi apakah ia rentan terhadap pengaruh negatif ini. Heroin, obat yang paling poten, memiliki efek maksimal setelah disuntik 20 menit. Efek euforia ini lama lama berkurang dan hilang setelah 4 – 6 jam. Setelahnya ada perasaan kecewa dan keinginan untuk menggunakannya lagi.

How About Marijuana? Marijuana atau ganja menjadi kontroversi di berbagai negara. Efeknya tidaklah se poten heroin. Orang yang menggunakan ganja merasa ngantuk, melayang, dan nafsu makannya menjadi besar. Ketergantungan nya relatif tidak sebesar heroin. Hal berbahaya dari ganja adalah bahwa saat orang menggunakannya, ia merasa ingin memakai narkotika yang lebih kuat.

Well, itu tadi beberapa hal mengenai film Trainspotting dan temanya. Saran saya adalah kita harus benar – benar berhati hati akan bahaya obat – obatan ini. Ketika merasa depresi jangan dulu berpikir menggunakan drugs walaupun sifatnya hanya berupa recreational atau coba – coba. Carilah dukungan keluarga dan orang terdekat untuk meminta bantuan pada ahlinya.

Sumber:

Maramis , Ilmu Kedokteran Jiwa Jilid 2, Airlangga Press

Iklan

6 pemikiran pada “Just a Thought : Trainspotting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s