The Dark Knight Rises : New Friends and Foes

logo kapur TDKR

The Dark Knight Rises (TDKR) merupakan film garapan ke-10 Christopher Nolan yang paling diantisipasi sebagai akhir trilogi Batman tahun ini. Rilis secara worldwide pada tanggal 20 Juli, film ini diharapkan akan mendulang sukses dari segi kritik maupun finansial. Film ini menggandeng beberapa nama baru seperti Tom Hardy, Anne Hathaway, Marion Cottilard, dan Joseph Gordon-Levitt ke dalam keluarga Batman. Apa saja peran mereka dalam film ini?. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui dari karakter masing-masing.

1. Tom Hardy as Bane

super villain Bane

  • cover edisi KnightfallBane adalah seorang super-villain/assassin yang meloloskan diri dari penjara Pena Duro di Amerika Selatan. Bane mendapat kekuatan luar biasa melalui Venon (obat) yang ia gunakan melalui topengnya. Kekuatan dan kelemahan Bane terdapat pada topengnya, yang dalam TDKR digambarkan bahwa topengnya menghilangkan ‘sakit’ akibat kerusakan tubuhnya sewaktu berada di penjara.
  • Pertama kali muncul di Batman : Vengeance of Bane #1 pada Januari 1993. Terkenal sebagai “The Man Who Broke The Bat” ketika ia mematahkan tulang punggung Bruce Wayne dalam Knightfall.Merupakan salah satu musuh Batman yang paling hebat karena memiliki kekuatan fisik dan otak yang sangat luar biasa. Ia memiliki keahlian dalam pertarungan satu lawan satu, level IQ jenius, dan seorang ahli strategi.
  • Memiliki masa lalu kompleks. Ia sempat mengira bahwa ia dan Batman memiliki ayah yang sama sehingga saling membantu dalam membasmi kejahatan. Di versi lainnya, ia ditolong oleh Ra’s Al Ghul dari penjara dan menjadi pelindung serta love interest dari putri Ra’s yang bernama Talia al Ghul.

2. Anne Hathaway as Selina Kyle

anne hathaway

  • Selina Kyle adalah seorang yatim piatu yang bertahan hidup di Gotham City dengan mencuri. Ia memiliki selera yang tinggi, ia biasanya mencuri berlian dan perhiasan lainnya dari orang-orang kalangan atas. Ketika mencuri she done it with style, ia mempelajari berbagai macam bela diri agar tubuhnya fleksibel dalam melakukan cat burglary.
  • Pertama kali muncul dalam Batman #1 (1940) sebagai The Cat. Merupakan tokoh kompleks yang mana di satu sisi ia sering berhadapan dengan Batman ketika mencuri dan terkadang ia ikut ‘membantu’ Batman melawan kejahatan.
  • Bukan merupakan seorang villain atau penjahat. Ia tidak membunuh orang karena bertentangan dengan moral dirinya. Ia merupakan love interest dan orang kepercayaan Batman saat ini.
  • Telah beberapa kali dibuat serial dan film termasuk ketika Halle Berry memerankannya tahun 2004 yang kisahnya sangat menyimpang dari komik.

3. Joseph Gordon-Levitt as John Blake 

  • Merupakan tokoh rekaan Christopher Nolan yang ketika ditelusuri Bleeding Cool pernah muncul dalam satu segmen komik Batman.
  • John Blake adalah polisi GCPD yang merupakan seorang yatim piatu. Ia kemudian (dalam TDKR) menjadi detektif yang beroperasi langsung di bawah komando James Gordon.
  • Bersama Miranda Tate, ia merupakan tokoh yang plotnya paling dirahasiakan selama proses syuting TDKR. Sebelumnya Gordon-Levitt diisukan akan memerankan Alberto Falcone/ The Black Mask/ The Riddler/ Hugo Strange.

*

komik John Blake

4. Marion Cotillard as Miranda Tate

Image

  • Lagi-lagi merupakan tokoh rekaan sutradara dan sangat dijaga kerahasiannya. Dalam film TDKR ia merupakan seorang investor yang tertarik untuk menanamkan modal pada pengembangan ‘energi bersih’ dengan Wayne Enterprises.
  • Ia merupakan love interest Bruce Wayne dan diisukan sebagai Talia al Ghul.

What Happened To Joker?

Salah satu tokoh paling iconic dalam film ini sudah sejak lama dipastikan absen dari TDKR. Film ini menampilkan kembali Ra’s Al Ghul dan Scarecrow walau hanya dalam porsi yang sedikit. Terlepas dari kematian sang aktor Heath Ledger, banyak yang bertanya-tanya akhir sosok Joker dalam film. Banyak pendapat dalam berbagai forum yang diantaranya adalah : bahwa Joker telah mati ketika digantung di akhir The Dark Knight dan ada yang berpendapat bahwa ia dihukum di dalam Arkham Asylum atas perbuatannya. Teori-teori ini sepertinya kurang bisa kita terima dan selayaknya Joker juga dibuatkan akhir kisahnya walau sedikit dalam bentuk flashback (In My Opinion).

*

The Dark Knight Rises adalah akhir sempurna trilogi Batman. Walau sedikit dibawah The Dark Knight, film ini memiliki keunggulannya sendiri. Film ini masih mengusung tema gelap yang sangat kompleks layaknya film terdahulunya. Kedua karakter terakhir (John Blake dan Miranda Tate) adalah benang merah dalam film ini. Kedua karakter ini memiliki twist dan akhir yang tidak terduga. Seperti Liam Neeson dalam Batman Begins yang ternyata bukan Henry Ducard melainkan adalah Ra’s Al Ghul, akhir film ini akan membuat kita bertanya-tanya. Bukan Christopher Nolan namanya kalau tanpa misteri. Penasaran? Temukan jawabannya ketika menyaksikan TDKR

Iklan

12 pemikiran pada “The Dark Knight Rises : New Friends and Foes

  1. Tks atas kunjungan ke blog Duptar yang baru saja dimulai. Ternyata Arya senang mengulas film dan saya senang dengan tulisannya yang kaya info. Menarik sekali. Nanti saya lihat lagi tulisan-tulisan Arya lainnya. Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s