Just a Thought : It’s Kind of a Funny Story

adorable emma roberts

Clinically Depressed Teenager, Is It Normal?

(FOCUS FEATURES) Directed by: Anna Boden, Ryan Fleck Starring: Keir Gilchrist, Zach Galifianakis, Emma Roberts, Viola Davis Release Date: 7 January 2011 Running Time: 101 min Rated: PG 13 Box Office: $6.350.000

Usia remaja merupakan suatu peralihan emosi dan pikiran seseorang. Masa-masa remaja adalah suatu proses pendewasaan diri. Setiap orang pasti pernah mengalami galau-galaunya masa remaja. Pergaulan yang makin kompleks, tuntutan akademis yang lebih tinggi hingga munculnya benih-benih ketertarikan terhadap lawan jenis merupakan masalah yang biasa dihadapi para teenagers. Masalah yang dihadapi ini ditimbulkan oleh perubahan respon diri seiring dengan proses pematangan hormon saat pubertas. Ada yang bilang, teenagers terlalu banyak berpikir dan mendramatisir keadaan, hal ini wajar bila masih dalam batas-batas normal. Namun, apa jadinya kalau seorang remaja berusia enam belas tahun terlalu banyak berpikir hingga membebani hidupnya dan ingin bunuh diri? Normalkah depresi di usia yang sangat dini itu? Inilah tema yang coba diangkat dalam film It’s Kind of a Funny Story.

Craig (Gilchrist) adalah remaja berusia 16 tahun yang tengah mengalami depresi sejak satu tahun yang lalu. Ia sering terbangun di tengah malam karena mimpi buruk. Ia bahkan sering berpikiran untuk bunuh diri. Pemicunya cukup simple (menurutnya), ayahnya terlalu menuntut, cewek yang ia sukai malah menyukai sahabatnya serta ia tertekan karena harus masuk program summer school. Suatu malam karena ia sudah tidak tahan lagi, ia secara iseng pergi ke suatu RS dan mendaftarkan dirinya masuk ke panti rehab kejiwaan. Karena ada renovasi RS, panti remaja terpaksa harus digabung dengan panti orang dewasa. Awalnya ia merasa takut berada disana karena banyaknya pasien schizophrenia dan gangguan kejiwaan lainnya, namun setelah ia berkonsultasi dengan Dr. Minerva (Viola Davis), ia ternyata memiliki masalah yang cukup serius terutama dalam hal mengungkapkan perasaannya kepada orang lain. Alhasil ia harus mengikuti program RS itu selama lima hari percobaan sebelum evaluasi selanjutnya.

cover dvd

Disana ia bertemu orang dengan berbagai macam jenis penyakit jiwa. Ia ditempatkan satu kamar dengan seorang pasien bernama Muqtada yang tidak pernah bicara dan keluar kamar. Ia bertemu dengan orang-orang yang kalau dilihat memiliki ‘masalah’ yang lebih besar daripada dirinya. Hidupnya benar-benar berubah ketika ia bertemu dengan Bobby (Zach Galifianakis). Bobby adalah seorang pria paruh baya yang dianggap ‘bijaksana’ oleh teman-temannya disana. Ia sekilas tidak memiliki gangguan jiwa apapun, namun ternyata ia memiliki masalah dengan amarah dan ia sengaja masuk ke panti karena takut merusak hidup putri satu-satunya yang ia miliki.  Bobby banyak mengajarkan nilai-nilai kehidupan pada Craig. Sebaliknya, craig juga memberi arti hidup pada Bobby karena ia mengingatkan dirinya pada saat masih muda.

Craig yang ditempatkan di panti remaja, bertemu dengan seorang wanita seusianya bernama Noelle (Emma Roberts). Walaupun cliche, bisa dibilang Craig menyukai Noelle sejak pertama bertemu. Noelle adalah pasien yang ‘dipaksa’ masuk panti oleh orang tuanya karena memiliki kecenderungan untuk melukai dirinya sendiri. Perlahan tapi pasti, mereka berdua menjadi akrab dan saling ‘menyembuhkan’ jiwa masing-masing. Craig menjadi lebih terbuka membicarakan perasaannya dan berkat Noelle ia mulai menyalurkan pikirannya ke dalam bentuk lukisan. Dengan melukis, ia sejenak bisa rileks dan melupakan depresinya.

lukisan craig

Well, menurut saya film ini memiliki banyak pesan yang ingin disampaikan. Depresi adalah masalah serius yang bisa dialami oleh semua orang dari yang muda hingga tua. Apakah normal jika seorang remaja mengalaminya seperti Craig? Pada umumnya depresi merupakan suatu keadaan yang perlu disembuhkan dan dicari penyebabnya. Melalui film ini kita diajak untuk melihat betapa mudahnya seorang remaja menjadi stress akibat tekanan yang diberikan padanya. Hubungan dengan orang lain terutama dalam menyampaikan isi hati adalah hal yang penting untuk dipahami. Film ini menggambarkan bahwa masih banyak orang yang memiliki masalah yang lebih rumit daripada depresi. Bedanya adalah orang yang depresi masih memiliki kendali terhadap pikiran sendiri berbeda dengan orang schizophrenia yang tidak bisa membedakan apakah dirinya gila atau tidak. Depresi bisa disembuhkan. Kuncinya adalah dengan kemauan dan mencari bantuan pada orang yang tepat. Cobalah rileks dan salurkan beban pikiran kita pada hal-hal yang kita sukai untuk menghindari stress dan depresi.

Sebagai penutup, ada sebuah cuplikan keren yang memperlihatkan Craig, Noelle, Bobby dan pasien lainnya mengikuti sesi musik menyanyikan lagu Queen – Under Pressure. Enjoy…

Iklan

8 pemikiran pada “Just a Thought : It’s Kind of a Funny Story

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s