Okay, I got into Medical Faculty, Now What?

nowhere to go

Pengumuman SNMPTN 2012 tinggal beberapa hari lagi. Banyak yang deg degan nunggu hasilnya, banyak juga yang nyantai aja karena mungkin sudah keterima dari jalur mandiri. Saya termasuk yang bener-bener galau waktu itu soalnya belum keterima dimana-mana. Biasanya yang jadi pilihan favorit SNMPTN adalah jurusan Pendidikan Dokter. Kenapa? mungkin karena jadi dokter itu WAH dan mungkin karena biaya masuknya yang relatif gede hehe. Tiga tahun yang lalu, setelah SNMPTN di Malang sy langsung pulang ke Mataram nunggu pengumuman di sana. Sebelum pulang sy nyocokin jawaban SNMPTN tadi dengan yang ada di bimbel dan hasilnya saya kira-kira dapetnya 57.55 dari passing grade FKUB yang waktu itu 57.5. Cuma 0.05 di atas passing grade men. Waktu itu sy bener-bener takut gak keterima.

Tanggal 31 Juli, saat-saat yang mendebarkan pun tiba. Pengumuman waktu itu dipercepat satu hari dan koneksi internet  pastinya down. Putus asa karena telkomnet instan gak nyambung-nyambung (berasa TUA), sy nyoba pake internet HP dan memasukkan nomer peserta. Setelah loading sebentar akhirnya sy tahu kalo SAYA LULUS.  Seneng banget rasanya, bener-bener menakjubkan, sy KETERIMA di Fakultas Kedokteran. Gak disangka-sangka setelah beberapa jam saja, perasaan gila yang ada dalam diri sy ini tiba-tiba berubah menjadi pertanyaan besar NOW WHAT? sekarang apa? setelah sy keterima, gimana selanjutnya? Galau lagi nih, keterima ga keterima tetep galau, dasar anak SMA hehe…

*now what

Berdasarkan pengalaman, beberapa hal ini pastinya harus dilakukan bagi calon mahasiswa baru. Sebagai catatan, hal -hal di bawah ini khusus untuk yang keterima di Brawijaya

  • Sebagai prioritas jangan lupa persiapkan semua hal tentang berkas daftar  ulang. RIBET adalah kata yang pas menurut sy. Jangan lupa akte kelahiran, ijasah, dan rapor beserta fotokopiannya. Biasanya bukti penghasilan ortu, bill telepon, air, PBB, dan foto-foto tempat tinggal juga harus disertakan. Isi yang lengkap secara online dan setelah membayar biaya masuk kita akan langsung dapet NIM, wow jadi Mahasiswa jek
  • Cari tempat tinggal. Lebih enak tinggal di kost dibandingkan di rumah keluarga karena menurut sy lebih bebas. Saran sy cari deh tempat kost an yang deket dan nyaman.Jangan lupa minta rekomendasi temen-temen tentang tempart kost yang bagus. Saya pernah tinggal di rumah nenek, nge kost, dan akhirnya sekarang ngontrak. Semua udah sy coba.
  • Selalu update informasi dan sering-sering dateng ke kampus biar banyak kenalan. Saat-saat ini biasanya BEM fakultas udah nempelin segala macam tetek bengek tentang Probinmaba. Pengalaman sy pas itu kita dibagi menjadi beberapa regio dan keluarga yang berbeda-beda. Juga ada kelompok presentasi medis dan pembuatan karya ilmiah. Mikirnya aja udah males. Oya perlu diketahui FKUB mengenal tiga tahap prosesi penerimaan MABA yaitu PK2Maba saat pertama kali masuk, KRIMA tiap Sabtu selama satu semester, dan yang terakhir dan paling menyenangkan yaitu Pengabdian Masyarakat selama 3 hari nginep di desa.
  • Saat daftar ulang kita diwajibkan mengikuti tes kesehatan dan kemampuan bahasa Inggris dasar (TOEIC). Tes kesehatannya meliputi tes urine, tekanan darah, tes mata termasuk buta warna, THT, berat, tinggi, dan X-Ray dada. So persiapkan diri baik-baik.
Hal paling penting setelah keterima di fakultas kedokteran adalah KEYAKINAN. Kita sudah sampai sejauh ini, mengalahkan ribuan peserta lainnya untuk satu kursi. Jangan sia-siakan kesempatan ini terlepas apakah kita masuk kedokteran karena keinginan sendiri atau orang tua.
*
When in doubt, don’t stop – Paulo Coelho
Saat-saat kuliah menurut sy adalah waktu yang menyenangkan. Walaupun tugas numpuk, ujian tiap 2 minggu, tutorial, diskusi dan praktikum yang ga ada henti-hentinya, sy masih bisa menganggapnya fun. Banyak-banyak cari temen, kita semua adalah satu kolega. Kegiatan yang menumpuk ini jangan terlalu dipikirkan, biarkan mengalir apa adanya. Well, jangan takut menghadapi semua itu karena semua itu akan membentuk karakter kita menjadi dokter yang baik.
Sebagai penutup, ini sy kasih gambar Allison Harvard, peserta America’s Next Top Model, yang kecantikannya mirip-mirip kok sama mahasiswi FK hehe…
*
Allison Elizabeth Harvard

 

Iklan

9 pemikiran pada “Okay, I got into Medical Faculty, Now What?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s