Grey’s Anatomy – How to Make a Medical Drama

Akhir – akhir ini saya lagi ngebet banget nonton Grey’s Anatomy. Tiap pagi sebelum kuliah saya pasti menyempatkan diri ngeliat lanjutan episode serial yang di Indonesia ditayangkan oleh Star World ini. Alur yang tak terduga, akting yang menawan dan cerita yang menyentuh membuat saya ketagihan akan tayangan ini. Sebagai seorang mahasiswa kedokteran, serial ini juga bisa menambah pengetahuan, contohnya kemarin pas ujian ada satu soal yang jawabannya persis dengan salah satu episode #bisajawabkarenaTV. Hal ini membuat saya bertanya bagaimana caranya membuat suatu drama kedokteran yang situasi dan akting pemainnya persis sama dengan situasi Rumah Sakit aslinya? Penasaran….. ini dia jawabannya

  •  Grey’s Anatomy a Review

Grey’s anatomy adalah salah satu film seri Amerika Serikat produksi The Touchstone Pictures, film serial ini pertama kali diputar di stasiun televisi ABC dan terdiri atas 147 episode (2005-2011). Serial ini dibintangi antara lain oleh Ellen Pompeo, Sandra Oh, Justin Chambers, dan masih banyak lagi. Ceritanya berpusat pada kehidupan pribadi lima orang ahli bedah serta berbagai masalah yang harus mereka hadapi, terutama dalam interaksi mereka dalam aktivitas profesional mereka. Tokoh protagonis utamanya adalah Dr. Meredith Grey (Ellen Pompeo) seorang residen bedah yang mengambil internship di Rumah Sakit fiksi Seattle Grace Mercy West Hospital. Serial ini dibuat oleh Shonda Rhimes yang hingga kini memegang kendali sebagai eksekutif produser. Hingga tahun 2012 telah tayang 9 season dan telah memenangkan puluhan penghargaan bergengsi salah satunya adalah Golden Globe Winner for Best Drama Series pada tahun 2006.

Judul serial ini diilhami dari judul buku tentang anatomi terkenal berjudul “Gray’s Anatomy of the Human Body” karya Henry Gray

  • Shonda Rhimes The Creator

Shonda Rhimes adalah seorang screenwriter, director dan produser kelahiran Amerika yang terkenal akan perannya pada serial Grey’s Anatomy dan spin-off  Private Practice. Ketika ditanya mengapa ia ingin membuat drama kedokteran, ia menjawab bahwa ia sangat terobsesi dengan proses pembedahan. Ia selalu membicarakan prosedur operasi yang ditayangkan Discovery Channel bersama adiknya di telepon. Pada akhirnya ia terobsesi untuk membuat suatu serial drama yang memperlihatkan kehidupan pribadi para dokter ketika dihadapkan dengan pekerjaan dan profesionalisme. Ia ingin memperlihatkan bahwa seorang dokter layaknya manusia biasa memiliki emosi dan dalam pekerjaannya yang penuh tekanan mereka harus bersikap profesional terkadang dengan mengorbankan perasaanya sendiri . Hal yang sangat ingin ia wujudkan adalah bahwa Grey’s Anatomy adalah pernyataan terhadap anti rasisme. Semua dokter dalam serial ini memiliki asal usul yang berbeda dan nyatanya mereka bisa bekerja sebagai suatu tim yang solid.

*

Image

Meredith Grey, MD

  • Making The World of Grey’s Anatomy

–  Fisher Plaza yang merupakan bangunan utama Fisher Communication’s dan Fisher ABC dijadikan sebagai eksterior Seattle Grace Mercy West Hospital

–  Seattle Grace ini dilokasikan dekat dengan Space Needle dan monorail Seattle namun dalam beberapa adegan pengambilan gambar lokasi dilakukan di VA Sepulveda Ambulatory Care Center di North Hills, California.

–  Kebanyakan adegan direkam di Prospect Studios, Los Feliz, Los Angeles. Studio ini memiliki dua set yaitu set rumah sakit dan set outdoor, namun beberapa adegan outdoor lainnya direkam di  Warren G. Magnuson Park in Seattle.

–  Beberapa alat medis yang ditampilkan merupakan alat asli yaitu mesin MRI (mesin yang digunakan saat Izzie memeriksa tumor otak).

–  Kebanyakan organ yang digunakan adalah organ sapi. Mereka benar-benar melakukan prosedur seperti solder organ menggunakan pemanas. Banyak tiruan darah dan silikon yang digunakan. Kru mencampur larutan agar-agar dengan darah dan lemak ayam untuk memberikan  efek nyata.

–  Seluruh pemain mendapat training ketat agar dapat memerankan dokter bedah secara nyata.

–  Seluruh proses diawasi oleh konsultan Karen Liza Pike, M.D

Well itu tadi beberapa proses yang dilakukan agar Grey’s Anatomy bisa terlihat nyata. Hope you Enjoy..

*

Image

Source : Wikipedia

Iklan

5 pemikiran pada “Grey’s Anatomy – How to Make a Medical Drama

  1. sy yg kuliah jurusan bahasa inggris saja suka.. hehe.. banyak kata2 yg bagus n menyentuh juga ttg percintaan dlm dialognya.. *jiwa cewek keluar* *abaikan*
    pgnnya sih di re-run di indonesia ya.. jam 10.30 malam misalkan..

  2. Udah keluar tuh Mas yg season 12. Baru 2 episode dan bagus bgt. Kalo nonton dr starworld beberapa dipotong dan teks nya ada yg ga spt aslinya. Mungkin krn ada beberapa adegan yg ga boleh tayang kali ya di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s